kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Antisipasi keamanan infrastruktur


Selasa, 15 Mei 2018 / 14:21 WIB
Antisipasi keamanan infrastruktur


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Tri Adi

Fenomena aksi teror pengeboman dalam beberapa hari belakangan ini, tentu sangat kita sesalkan. Secara langsung maupun tidak langsung, situasi ini bisa bisa berpengaruh pada pembangunan infrastruktur di dalam negeri.

Menurut pandangan saya, adanya orang yang rela meledakkan diri karena dipicu oleh berbagai masalah. Mungkin saja persoalan ekonomi, akibat tidak memiliki pekerjaan yang jelas yang mengakibatkan ketidakpercayaan diri dalam menjalani hidup.

Karena itulah, proyek-proyek infrastruktur yang digalakkan pemerintah seharusnya bisa mangatasi permasalahan lapangan pekerjaan tersebut. Misalnya proyek infrastruktur harus mengutamakan keterlibatan masyarakat lokal.

Aksi teror yang tiba-tiba ini juga berimbas pada iklim investasi di sektor infrastruktur kita. Investor yang tadinya buru-buru ingin segera membangun bisa saja berubah menjadi menahan keinginannya.

Teror belakangan ini yang marak terjadi tentu menyebabkan ketidakstabilan di iklim investasi dalam negeri. Bagaimana dunia usaha dapat percaya akan keamanan proyeknya, tenaga kerjanya, juga misalnya tenaga kerja asing.

Di sisi lain, maraknya teror harus diantisipasi dengan pengamanan infrastruktur fasilitas publik atau objek vital. Saya melihat saat ini sudah cukup baik. Seperti bandara ataupun pelabuhan sudah menggunakan mesin screening barang dan metal detector, sehingga keamanannya tidak perlu diragukan lagi.

Yang kurang mungkin ketersediaan fasilitas kamera pengawas closed circuit television (CCTV) di jalan raya. Di negara kita fasilitas ini belum seperti di negara-negara Eropa atau China.

CCTV ini sangat guna mencegah tindakan terorisme di jalan raya, ataupun merekam kejadian aksi teror, sehingga memudahkan aparat keamanan menelusuri penyebabnya.

Harun al-Rasyid Lubis
Ketua Masyarakat Infrastruktur Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×