: WIB    --   
indikator  I  

Barat hingga ke timur

Oleh Hendrika Yunapritta
Barat hingga ke timur

Dari Sabang sampai Merauke, berjajar pulau-pulau. Sambung menyambung menjadi satu itulah Indonesia. Masih ingat lagu wajib ciptaan R. Soerarjo itu? Awal diciptakan, lagu tersebut berjudul Dari Barat ke Timur, lantas pada tahun 1963 Presiden Soekarno mengganti judulnya menjadi Dari Sabang sampai Merauke, yang kita kenal.

Nah, bicara soal jajaran pulau-pulau yang digambarkan dalam lagu tadi, tahukah Anda berapa tepatnya jumlah pulau di Indonesia? Meski terkenal sebagai negara kepulauan yang terbesar di planet ini, ternyata sampai sekarang belum ada data valid tentang berapa jumlah sesungguhnya pulau-pulau di Indonesia. Jika mau gampangnya, konon ada sekitar 17.000 pulau di wilayah Indonesia. Benarkah?

Pada tahun 2003, menurut catatan dari Departemen Dalam Negeri, Indonesia terdiri dari 17.504 pulau. Dalam perjalanan waktu, ada beberapa pulau yang beralih kepemilikan ke tetangga, seperti Ligitan dan Sipadan ke Malaysia, dan Pulau Yako serta Pulau Kambing dari NTT ke Timor Leste.

Namun, setelah itu, data terakhir yang tercatat adalah 13.466 pulau di Indonesia yang sudah dinamai dan diverifikasi oleh PBB pada tahun 2012. Terjadi pengurangan jumlah yang sangat besar dalam sembilan tahun, yakni lebih dari 4.000 pulau.

Di luar peralihan penguasa ke negara lain, ternyata menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan, ada pula pulau yang lenyap karena proses alam seperti abrasi. Ini tidak mengherankan, karena jika kita melihat peta Indonesia pada tahun 21.000 SM, Pulau Jawa, Kalimantan, dan Sumatera bahkan menyatu jadi bagian daratan Asia.

Feedback   ↑ x
Close [X]