kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,54   -7,83   -0.79%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bergantung sentimen eksternal


Senin, 30 April 2018 / 13:39 WIB
Bergantung sentimen eksternal


| Editor: Tri Adi

Secara teknikal, pergerakan IHSG masih akan bervariasi dengan kecenderungan menguat setidaknya selama sebulan ke depan. Namun, faktor di luar analisa teknikal juga perlu diperhatikan. Soalnya, tak jarang faktor yang berasal dari dalam dan luar negeri tersebut justru berpengaruh besar pada pergerakan IHSG.

Dari dalam negeri, akan ada rilis data neraca perdagangan, inflasi dan pertumbuhan ekonomi atau produk domestik bruto (PDB) kuartal pertama 2018. Menurut prediksi saya, hasilnya kurang lebih stabil. Jadi, kalau data domestik menurut saya akan cukup menunjang penguatan IHSG.

Data-data inflasi dan makroekonomi Indonesia lainnya masih cukup stabil. Akan terlihat ada sedikit kenaikan pada inflasi, yang menjadi sinyal pemulihan daya beli. Ini bisa menjadi sentimen positif bagi pergerakan indeks saham.

Cuma memang, sentimen hasil rapat Federal Open Market Committee (FOMC) tanggal 2 Mei nanti masih terlalu kuat. Pelaku pasar akan mencari sinyal arah suku bunga acuan AS.

Suku bunga The Fed belum akan naik Mei ini. Saya kira ini akan mengurangi capital outflow. Jumlahnya tidak akan sebesar pekan-pekan lalu, yang sempat mencapai Rp 1,9 triliun dalam sehari. Kenaikan suku bunga The Fed kemungkinan baru akan terjadi lagi di awal semester II-2018.

Sentimen sell in May juga minor pengaruhnya. Saya berpendapat, pengaruh dari pernyataan para pejabat The Fed usai rapat FOMC akan lebih mempengaruhi pergerakan indeks saham pekan ini.

Nantinya, setelah The Fed membuat pernyataan, barulah terlihat pergerakan pelaku pasar akan seperti apa, apakah dovish atau hawkish. Ini akan bergantung pada The Fed. Saya memperkirakan tidak akan ada banyak aksi jual pasca The Fed memberi pernyataan.

IHSG menurut saya masih akan bergerak di rentang 5.790 sebagai support dan resistance berada di level 6.080. Perlu juga diperhatikan efek sentimen eksternal terhadap kurs rupiah. Hal ini juga akan mempengaruhi pergerakan IHSG.      

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×