kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis otomotif melaju


Jumat, 20 April 2018 / 15:54 WIB
Bisnis otomotif melaju


Reporter: Dian Sari Pertiwi | Editor: Tri Adi

Pada tahun ini, industri otomotif nasional akan kembali terdongkrak. Pertumbuhan penjualan industri otomotif tahun ini diprediksi mencapai 8%-10%, khususnya untuk kendaraan roda empat.

Ada beberapa katalis positif yang bisa menopang industri ini. Pertama, konsumsi akan kembali meningkat karena efek pemilihan umum dan kenaikan harga komoditas.

Kedua, pertumbuhan kredit kendaraan bermotor, terutama kredit kendaraan roda empat. Beberapa perusahaan pembiayaan memberikan insentif bagi konsumen. Misalnya saja kredit yang lebih murah atau fasilitas pemesanan inden bisa dibayar saat kendaraan sudah tersedia.

Di antara berbagai jenis kendaraan, penjualan kendaraan roda empat bisa mencetak pertumbuhan lumayan. Sebab, konsumen kendaraan ini tak terlalu sensitif terhadap kondisi kenaikan harga komoditas.

Selain kendaraan roda empat, kredit kendaraan untuk segmen komersial, seperti pick up, akan ikut terdongkrak seiring kenaikan harga komoditas.

Sementara, kendaraan roda dua masih melambat dan hanya tumbuh di kisaran 7%. Soalnya, daya beli konsumen segmen ini masih dalam tahap pemulihan. Tapi saya kira pada kuartal keempat tahun ini penjualannya bisa lebih baik lagi.

Meski begitu, tetap ada sentimen negatif yang membayangi sektor ini. Berhubung pertumbuhan kredit tahun lalu melambat, mungkin tahun ini tak semua konsumen langsung beralih ke belanja otomotif. Bisa jadi mereka mengambil kredit kepemilikan rumah.

Di sisi lain, dengan perbaikan harga komoditas, korporasi akan memperbaiki kinerja terlebih dulu, dengan sedikit menahan pembelian kendaraan komersial. Namun, yang pasti penjualan otomotif tetap lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Pertumbuhan ini juga berimbas pada kinerja saham-saham di industri otomotif, seperti Grup Astra. Apalagi, kelompok usaha ini tak hanya fokus menjalankan bisnis otomotif, tapi juga merangsek bisnis lainnya, seperti sektor komoditas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×