: WIB    --   
indikator  I  

Bisnis waralaba, masihkah menarik?

Oleh Franky Slamet
( Dosen Fakultas Ekonomi Untar,Penulis Buku Pengantar Manajemen Waralaba )
Bisnis waralaba, masihkah menarik?

Sebagai sebuah format bisnis, waralaba telah menjadi pilihan menarik bagi wirausaha yang menginginkan bisnisnya tumbuh cepat. Sementara bagi yang ingin berwirausaha, waralaba telah menjadi pilihan instan dan relatif mudah, membangun bisnis tanpa harus memulai dari nol. Kemajuan teknologi informasi yang begitu cepat dan pemanfaatan media sosial dalam berbisnis secara perlahan telah mengubah pandangan-pandangan tersebut.

Sebagaimana telah diketahui bersama, kekuatan waralaba sesungguhnya adalah pada model bisnisnya yang spesifik yang didukung oleh elemen kunci yang integratif yang mencakup merek yang dikenal, sistem penjualan dan pemasaran yang mumpuni, penetapan harga yang kompetitif dan dimilikinya sistem pelatihan yang handal. Faktor ini menjadi daya tarik bagi seseorang yang hendak memulai bisnis dengan probabilitas keberhasilan yang cukup besar. Bagi pewaralaba, dengan bisnis yang diwaralabakan, merek yang dimiliki menjadi makin kompetitif untuk berdaya saing dengan kompetitor.

Tapi, kenyataan kini mungkin sedang berbalik. Kehadiran sosial media memberikan peringatan terhadap eksistensi bisnis waralaba. King (2016) mengemukakan dua dampak kehadiran internet yang tak dapat dianggap remeh.

Feedback   ↑ x
Close [X]