: WIB    —   
indikator  I  

Crypto money-game

Oleh Hasbi Maulana
Crypto money-game

Anda tinggal di Jakarta? Pernah naik ojek online, Gojek atau Grap, dong? Pernah juga naik taksi online, kan?

Lalu, aplikasi apa saja yang tertanam di telepon Anda? WhatsApp tentu salah satunya. LINE juga, mungkin. Anda tentu menginstal Facebook, Twiter, atau Instagram untuk gaul di media sosial Anda.

Sedikit lebih jarang, sebagian dari Anda mungkin memasang aplikasi Netflix atau Iflix. Atau, karena lebih suka mendengarkan musik daripada menonton film, bisa jadi Anda pilih menanam Spotify atau Joox. Ah, karena senang menyimak cuap-cuap penyiar, mungkin Anda juga mendengarkan radio streaming dari TuneIn Radio atau Simple Radio. Ya, tanpa terasa sebagian hidup kini kita lalui dengan cara-cara baru yang bahkan 5 sampai 10 tahun lalu belum terbayangkan bakal ada.

Bagi sebagian orang, salah satu "cara hidup baru" itu adalah memiliki harta berupa crypto currency, mata uang digital yang produksi dan distribusinya secara terenkripsi. Nah, bitcoin, adalah salah satu matauang gaib semacam itu yang paling populer di dunia saat ini.

Kini total nilai bitcoin yang beredar sekitar US$ 70,1 miliar atau setara Rp 942 triliun. Pada 1 September 2017 lalu sempat mencapai Rp 81,2 miliar alias sekitar senilai Rp 1.077 triliun.

Feedback   ↑ x
Close [X]