kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Efek kartu SIM cukup terasa


Selasa, 24 April 2018 / 13:43 WIB
Efek kartu SIM cukup terasa


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Tri Adi

Dengan kebijakan registrasi kartu SIM card prabayar yang berakhir pada 1 Mei 2018, saya melihat hal tersebut akan berefek ke pendapatan operator telekomunikasi pada kuartal I-2018 hingga kuartal II-2018.

Semua operator agresif, karena mereka tidak mungkin mau kehilangan market share. Setidaknya efek ke top line keliatan dan bisa menembus ke bottom line operator telekomunikasi.

Dampak kebijakan registrasi kartu prabayar akan sama ke semua emiten. Cuma, kalau kita lihat, sudah pasti efek lebih besar ke emiten seperti Indosat (ISAT) dan XL Axiata (EXCL). Sebab, bagaimanapun juga, Telekomunikasi Indonesia (TLKM) secara finansial lebih stabil, market share juga lebih besar.

Dari sisi persaingan, saya memprediksi dampak registrasi kartu SIM masih terasa hingga semester kedua. Persaingan akan semakin ketat. Misalnya di pemberitaan media massa, operator 3 (Tri) menyatakan ingin mempertahankan ARPU tapi menambahkan kuota data, maka itu sama saja data yield akan menurun. Jika demikian, Tri akan menggenjot pertumbuhan subscriber dan ingin menambah market share.

Tentu Tri akan bersaing dengan ISAT dan EXCL. Di saat yang sama, ISAT dan EXCL tidak ingin kehilangan market share. Maka itu, pada semester kedua nanti, ISAT dan EXCL mungkin akan menurunkan harga.

Saham pilihan kami masih TLKM. Alasannya seperti yang saya telah sampaikan. Kelihatannya, operator akan lebih agresif untuk harga, sementara TLKM ada di segmen yang berbeda, yakni premium pricing.

Persaingan ketat operator di Jawa tentu saja bisa menunda rencana ekspansi ISAT dan EXCL. Hal tersebut bisa menguntungkan TLKM. Sebelumnya, market share emiten ini yang ada di luar Jawa sempat tergerus. Dengan sibuk bersaing ketat di Jawa, operator lain akan menunda ekspansi di luar Jawa dan TLKM bisa mencuil peluang ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×