: WIB    —   
indikator  I  

Efek ke industri tak signifikan

Oleh Parwati Surjaudaja
( Presiden Direktur PT Bank OCBC NISP Tbk )
Efek ke industri tak signifikan

Industri perbankan memang harus menyiapkan diri untuk menerapkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 70/2017 yang merupakan aturan turunan Perppu Nomor 1/2017 tentang Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan.

PMK itu mewajibkan perbankan melaporkan data nasabah individu yang memiliki simpanan minimal Rp 200 juta ke Ditjen Pajak.

Hal tersebut tak lain dalam rangka memberikan akses informasi keuangan untuk kepentingan perpajakan. Terkait hal tersebut, menurut saya, seharusnya pengaruhnya kecil karena sudah mulai diantisipasi oleh masyarakat sejak digulirkannya program amnesti pajak pada Juli 2016 hingga Maret 2017.

Ke depan, memang merupakan era transparansi dan keterbukaan. Kondisi ini sudah menjadi norma baru, bukan hanya di Indonesia namun juga di dunia internasional.

Salah satunya melalui penerapan Automatic Exchange of Information (AEOI) dan base erosion and profit sharing (BEPS) tahun 2018 mendatang, baik untuk individu maupun perusahaan. Jadi, menurut saya, seharusnya semua pihak sudah siap terhadap era keterbukaan ini.

Bank seharusnya juga tidak terkendala, karena hal serupa juga telah dilakukan dalam persiapan Foreign Account Tax Compliance Act (FATCA).

Mungkin yang perlu di perjelas dan dipermudah bagi industri perbankan  adalah cara pelaporannya yang saya harapkan sebisa mungkin diotomatisasi dan tidak multi sistem.

Perihal data apa yang boleh disampaikan, kalau tidak salah sudah diatur juga di dalam PMK. Semisal selain nama juga menyampaikan informasi saldo.

Terhadap industri sendiri, bila pun toh ada dampaknya, seharusnya tidak signifikan dan berkepanjangan.  Bagi nasabah, jika mereka terinformasikan dan teredukasi dengan benar, seharusnya juga tida perlu merasa keberatan.

Menurut saya, sosialisasi yang intensif dan efektif, akan sangat diperlukan untuk agar aturan tersebut bisa berjalan baik.

Reporter : Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang

Feedback   ↑ x
Close [X]