: WIB    —   
indikator  I  

Ladang pasca-amnesti

Oleh Ardian Taufik Gesuri
Ladang pasca-amnesti

Siapa sih yang mau terperangkap di jebakan betmen? Para pengusaha dan orang-orang kaya juga mengkhawatirkan hal yang sama – tatkala pemerintah meluncurkan program amnesti pajak untuk mendongkrak penerimaan negara yang seret setorannya hingga akhir semester pertama tahun lalu.

Pemerintah pun berupaya keras meyakinkan para wajib pajak tajir agar mengikuti program untuk mendongkrak penerimaan negara tersebut. Tak kurang Presiden Jokowi sendiri turun tangan mengumpulkan para konglomerat demi membangkitkan antusiasme untuk mengikuti tax amnesty. Hingga akhirnya terkikis juga kekhawatiran akan jebakan betmen. Terbukti cukup banyak orang berduit yang menyerahkan surat pernyataan harta dan merepatriasi aset, serta membayar tebusan – walau belum mencapai target yang diincar pemerintah.

Eh, seusai masa sembilan bulan amnesti pajak, persoalan anggaran kembali terulang. Tersisa empat bulan bagi Ditjen Pajak harus mengejar setoran Rp 597 triliun; hampir separo dari target APBN-P 2017.

Dalam situasi genting ini menyeruaklah Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2017. Berbekal aturan pelaksanaan UU Amnesti Pajak ini, para fiskus dapat memburu pajak penghasilan dari harta bersih para wajib pajak, baik yang belum mengikuti amnesti maupun yang sudah, tapi belum memasukkannya dalam surat pernyataan harta.

Feedback   ↑ x
Close [X]