kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masih kurang tegas


Rabu, 08 November 2017 / 14:27 WIB
Masih kurang tegas


Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Tri Adi

Pasar modal perlu perlindungan dan pengawasan lebih karena masih kurang. Dari segi hukum juga kurang, seharusnya ada sanksi yang bisa mengarah pidana. Saya melihat peraturan denda yang ditujukan kepada perusahaan terbilang tidak efektif.

Contoh lain terkait pelaporan kinerja keuangan emiten. Bila emiten tidak disiplin melaporkan kinerja keuangan, publik menjadi sangat tidak terlindungi. Apalagi, ada ancaman delisting bila emiten terus-menerus tidak memberikan laporan keuangan.

Saya juga merasa BEI kurang tegas dalam membuat peraturan, apalagi dalam menerapkan aturan.

Banyaknya pelanggaran yang bisa merugikan investor ritel. Sudah seharusnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga berusaha keras merevisi aturan. Tapi belum nampak usaha ke arah situ.

OJK juga perlu memperhatikan emiten yang kerjanya hanya melakukan crossing. OJK memiliki kemampuan untuk memeriksa emiten yang mencurigakan. Apalagi kalau ternyata transaksi yang terjadi hanya antara pihak yang masih berelasi. Di pasar modal kita banyak sekali seperti itu dan menunggu waktu mencari korban.

Kerugiannya nanti bukan hanya pada investor lokal, tapi lembaga seperti dana pensiun pun terkena dampaknya. Apa OJK tidak punya warning system atau pengawas?

Karena itu, OJK harus lebih cermat dan tegas dalam menerapkan aturan. Bila tidak, investor yang tidak salah apa-apa bisa terkena dampaknya. Contoh yang pernah terjadi terkait dengan delisting emiten JAKA. Perusahaan ini tiba-tiba ghilang, Investor mencari-cari keberadaan perusahaan ini, namun tidak ditemukan.

Saya juga menyoroti program Yuk Nabung Saham. Program ini ditujukan kepada masyarakat umum secara lebih luas. Bayangkan bila mereka ternyata nabung saham di emiten yang kinerjanya bermasalah. Kampanye pasar modal di mana-mana, tapi perlindungan tidak ada. BEI dan OJK harus berhati-hati. Kesalahan tersebut, bisa membuat orang trauma dalam berinvestasi.           

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×