: WIB    --   
indikator  I  

Mbak Ruroh

Oleh Hendrika Yunapritta
Mbak Ruroh

Berita terakhir tentang Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, termasuk vonis yang dijatuhkan Selasa (9/5) lalu, bukan hanya menjadi konsumsi warga Jakarta dan sekitarnya. Vonis Ahok segera menjadi viral melalui banyak saluran ke seluruh dunia, termasuk menjadi trending topic di media sosial (medsos). Tak heran karena diperkirakan ada 79 juta akun pengguna medsos dari Indonesia. Di Twitter, tercatat 29 juta akun dari Indonesia. Brand24, lembaga analis media sosial, mencatat bahwa kicauan orang Jakarta dan sekitarnya menyumbang 2,4% dari 10,6 miliar tweets di dunia. Itu adalah angka tertinggi, dibandingkan dengan Tokyo (2,3%) dan London (2,4%).   

Jadi, apa pun yang sedang ngetren di Indonesia, dengan cepat mencuri perhatian dunia. Kalau tidak percaya, coba Anda ketik "Mbak" di Google. Segera saja si mesin bakal memunculkan Mbak Ruroh di peringkat pertama. Tahukah Anda, siapa Mbak Ruroh itu?  

Sedemikian besar potensi pengguna internet di Indonesia, wajar juga jika banyak orang menganggapnya sebagai peluang bisnis. Belakangan, e-commerce jadi bagian hidup sedikit orang Indonesia.

Pemerintah juga menaruh harapan besar pada e-commerce, terutama untuk menjembatani ketimpangan ekonomi yang masih terjadi. Indonesia adalah negara kepulauan, dengan pertumbuhan ekonomi yang belum merata. E-commerce dianggap bisa membuka pasar.

Feedback   ↑ x