kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.590
  • EMAS593.896 0,51%

Memanfaatkan big data untuk UMKM

Jumat, 10 Agustus 2018 / 11:05 WIB

Memanfaatkan big data untuk UMKM



Di kalangan korporasi, terutama korporasi transnasional, big data sudah menjadi teknologi mainstream untuk mendukung keseluruhan proses bisnis mereka. Pertanyaan yang menggelitik adalah, apakah maha data hanya berguna untuk organisasi sekelas korporasi? Apakah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bisa mendapatkan manfaat dari kehadiran fakta digital itu? Bagaimana caranya?

Dalam jejaring internet global tersimpan begitu banyak data dan informasi. Pada tahun 2012 setiap hari tersimpan 2,5 exabyte data (2,5 x 10 pangkat 18). Pada 2013 jumlah data di jejaring maya mencapai 4,4 zettabyte (10 pangkat 21), dan pada 2020 diperkirakan akan mencapai 44 zettabyte. Data itu sedemikian besar dan semakin kompleks sehingga tidak bisa kita tangani dengan piranti lunak pengolah data rumahan yang kita miliki sekarang ini. Apalagi data tersebut tersebar secara tak beraturan (unstructured) di berbagai tempat.

Bagi individu per individu, bisa dikatakan sebagian besar data itu adalah sampah, yang tidak memiliki relevansi apapun dengan hidup seorang individu. Tetapi di antara sampah maha data itu ada sejumlah data yang bisa sangat berguna. Sebab data itu ibarat debu emas di tempat pembuangan akhir sampah. Jika Anda bisa mengumpulkannya, debu emas itu akan menjadi emas batangan yang amat sangat berguna.

Demikian halnya dengan data tersebut. Jika kita bisa memilih dan memilah, maka kita bisa mendapatkan banyak sekali data yang sangat bermanfaat, terutama untuk bisnis.

Kalangan korporasi sudah melakukan penambangan data ini secara serius. Mereka menambang, menganalisis, dan mencari makna (insight) dari data yang mereka peroleh. Mereka melakukan itu karena sadar betul betapa pentingnya data bagi pengembangan bisnis yang dijalankan.

Misalnya saja, mereka membutuhkan data pasti siapa pelanggan mereka. Seberapa loyal mereka sebagai pelanggan. Apa yang membuat mereka loyal sebagai pelanggan, bagaimana penyebarannya secara geografis. Bagaimana penyebaran usianya. Lantas siapa kompetitor. Seberapa tangguh para kompetitornya, dan sebagainya. Di era maha data ini, data seperti itu mungkin diperoleh, asalkan tahu di mana dan bagaimana menambangnya.


Reporter: Tri Adi

TERBARU
MARKET
IHSG
108,39
5.892,19
1.87%
 
US/IDR
14.578
-0,28
 
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = || diagnostic_api_kanan = || diagnostic_web =

Close [X]
×