: WIB    —   
indikator  I  

Mengintip rekening

Oleh Syamsul Azhar
Mengintip rekening

Gebrakan pemerintahan Presiden Joko Widodo menggenjot penerimaan pajak memang perlu kita acungi jempol. Kebijakan pengampunan pajak mendapat banyak pujian karena menuai hasil di luar dugaan.

Namun, gebrakan ini tampaknya tak cukup. Pemerintah ingin lebih besar lagi mengeruk pendapatan dari pajak.  Karena itulah kini kantor pajak mulai menyisir pemilik rekening gendut di perbankan. Hal yang tabu dilakukan semenjak Indonesia merdeka, kini membuka rekening bank bukan hal mustahil untuk dilakukan.

Tapi yang bikin ngeri, sebelumnya Menteri Keuangan membuat aturan bahwa bank wajib melaporkan rekening nasabah yang nilainya di atas Rp 1 miliar. Tentu ini menghebohkan, lantaran angka ini terlalu kecil, karena setidaknya bisa menjaring 2,3 juta rekening bank yang punya saldo di atas Rp 2 juta itu.

Bisa kita bayangkan misalnya seorang yang mengumpulkan duit di bank selama belasan tahun untuk tujuan beli rumah, dan sudah terkumpul Rp 200 juta untuk uang muka, tiba-tiba didatangi petugas pajak yang meminta perincian asal duit dari mana, berapa besar penghasilan bulanan dan ditanya lagi sudah setor Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan (SPT) apa belum.

Feedback   ↑ x
Close [X]