: WIB    —   
indikator  I  

Menjaga momentum

Oleh Khomarul Hidayat
Menjaga momentum

Kabar menggembirakan kembali menyelimuti perekonomian Indonesia. Mengekor perbaikan peringkat utang Indonesia menjadi layak investasi alias investment grade, United National Conference on Trade and Development (UNCTAD) dalam laporan terbarunya menempatkan Indonesia sebagai salah satu deretan papan atas negara dengan tujuan investasi yang prospektif.

Dalam laporan UNCTAD tersebut, Indonesia masuk urutan keempat negara dengan tujuan investasi prospektif di dunia setelah Amerika Serikat (AS), India dan China. Peringkat Indonesia naik empat tingkat dari survei sebelumnya.

Laporan terbaru UNCTAD ini menerbitkan asa bagi perbaikan ekonomi Indonesia yang tengah lesu dan butuh vitamin agar kembali bugar. Laporan tersebut sekaligus memunculkan ekspektasi bahwa investasi akan bergelombang berdatangan sehingga bisa menggerakkan pertumbuhan ekonomi lebih cepat.

Dalam wawancara dengan CNBC, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro memperkirakan, setelah menyandang peringkat investment grade dari Standard & Poor's, ada potensi investasi potensial lebih dari US$ 100 miliar yang bisa masuk ke Indonesia. Investasi tersebut tidak hanya akan mengalir di obligasi pemerintah tapi juga saham dan obligasi korporasi.

Feedback   ↑ x
Close [X]