kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR13.923
  • SUN98,38 -0,17%
  • EMAS611.050 0,00%
  • RD.SAHAM 0.66%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Menyalin batin blockchain

Jumat, 08 Juni 2018 / 13:15 WIB

Menyalin batin blockchain

Medio Maret 2018, Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde secara tegas menyatakan akan meruntuhkan kedigdayaan bitcoin dengan teknologi asasnya, yakni blockchain. Ibarat memadamkan kebakaran hutan, Lagarde merasa api yang buas harus dipadamkan dengan api. Fight fire with fire.

Lagarde bilang caranya begini: semua otoritas negara di dunia disarankan memanfaatkan keandalan bitcoin untuk meregulasi dan mengontrol terkait kripto. Kontrol yang dimaksud adalah mencegah perkembangannya menjadi surga bagi aktivitas ilegal, seperti pendanaan terorisme dan aksi pencucian uang.

Saya menafsirkan IMF sungguh menelisik dan menyalin batin kripto itu, khususnya bitcoin dan blockchain. Di dalam blog resmi IMF, Lagarde mengungkapkan, pengembangan kripto benar-benar canggih, yang dapat merevolusi layanan keuangan dunia dengan biaya rendah, bahkan mampu memperluas akses keuangan

Menyebut bitcoin sebagai entitas batin, karena ia memiliki jiwa dan semangat untuk mengubah status quo. Sang pencipta, dengan nama samaran Satoshi Nakamoto tahu benar masalah terdalam ekonomi modern, termasuk sistem uang fiat yang praktis inflatif, yang purchasing power-nya menurun seiring waktu. Bagi Satoshi, alih-alih membuat sistem transfer uang fiat, ia sekalian saja membuat uangnya dalam wujud virtual tanpa campur tangan bank dan negara. Dalam sistem blockchain, bitcoin adalah elemen imbalan, karena partisipan di dalamnya berjasa dalam menjaga keamanan sistem.

Jumlahnya pun dibatasi maksimal 21 juta bitcoin, dengan penerbitan bitcoin baru ke dalam sistem setiap 10 menit. Setiap 10 menit terbit 12,5 bitcoin yang baru dan setiap empat tahun sekali akan berkurang setengahnya. Berdasarkan data di coinmarketcap.com, hingga artikel ini ditulis, sirkulasi bitcoin secara global mencapai 17.078.225 bitcoin. Di satu sisi bitcoin mencoba memvirtualkan aktivitas produksi emas.

Pembatasan suplai uang dalam sistem uang fiat memang bisa dilakukan oleh bank sentral dan pihak terkait. Namun, karena pelaku sistemnya sejumlah elite manusia, sistem dan regulasi itu rentan runtuh sekejap mata. Jadi, dalam dunia bitcoin, trust diserahkan kepada sistem komputer, tak sekadar manusia pelaksana sistem.

Motif dasar dari bitcoin dengan blockchain-nya adalah mengurangi porsi peran perantara dalam sistem transaksi keuangan dan dilakukan dalam waktu yang cepat mengandalkan internet. Dalam sistem perbankan modern, mentransfer uang antara negara dan antar bank yang berbeda perlu 2-3 hari dan bianya tidak murah. Transfer uang via PayPal dan WesternUnion lebih cepat, tetapi biayanya pun tidak murah. Dalam satu balutan, itu bersistem sentralistik, bukan distributif.

Kekacauan sistem sentralistik dalam sistem keuangan baru-baru ini terjadi pada Visa 1 Juni 2018. Itu membuat jutaan orang Eropa tak dapat bertransaksi, baik menggunakan kartu debit maupun kartu kredit selama lebih dari 6 jam.

Dalam ranah blockchain bitcoin yang distributif, itu mustahil terjadi, karena setiap simpul jaringan berperan sebagai pusat, menyimpan data yang serupa dan memberikan sumber dayanya masing-masing untuk keamanan transaksi. Semakin banyak simpul (komputer), semakin aman dan cepat. Ketika satu atau sejumlah simpul tidak aktif, simpul lainnya secara otomatis menormalkan sistem, karena setiap simpul menjalankan protokol yang serupa. Ini disebut sistem peer-to-peer. 

Riwayat transaksi, secara kronologis diamankan dengan sistem kriptografi yang canggih ke dalam blok transaksi. Setiap blok memiliki penggalan informasi dari blok sebelumnya. Jadi semua blok saling terkait dan mengikat. Dari segi keamanan, mustahil peretas bisa membobol transaksi itu, karena ia harus merusak data di ribuan simpul yang ada, termasuk setiap blok transaksi dari awal hingga terkini pada saat yang bersamaan.


Reporter: Tri Adi

Komentar
TERBARU
MARKET
IHSG
-113,07
5.993,63
-1.85%
 
US/IDR
13.902
0,25
 
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = || diagnostic_api_kanan = || diagnostic_web =

Close [X]
×