kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Negatif bagi iklim investasi


Kamis, 26 April 2018 / 15:56 WIB
Negatif bagi iklim investasi


| Editor: Tri Adi

Iklim investasi sebuah negara sangat bergantung pada kebijakan yang diambil oleh negara tersebut. Selain kepastian hukum dan kemudahan perizinan, iklim investasi juga ditentukan seberapa besar pemerintah melakukan intervensi terhadap sebuah sektor usaha.

Saya merasa upaya intervensi yang dilakukan pemerintah belakangan ini untuk beberapa kasus tertentu dapat menimbulkan persepsi negatif dalam tatanan iklim investasi. Salah satu contohnya adalah penentuan harga batubara oleh pemerintah terkait Domestic Market Obligation (DMO). Menurut saya, kebijakan ini sudah mencampuri terlalu dalam urusan pasar yang tidak seharusnya dilakukan oleh pemerintah.

Contoh lain, intervensi pemerintah dalam penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) beberapa komoditas pangan. Apabila pemerintah ingin menetapkan HET, seharusnya dilihat pula sisi pasokan dan permintaan (supply and demand) terlebih dahulu. Sebab pada dasarnya, harga itu tergantung dari sisi pasokan dan permintaan.

Saya khawatir bila terus-terusan harga ini ditekan, komoditas pangan akan langka di pasaran. Pada akhirnya membuat harganya naik meski sudah di intervensi pemerintah.

Pola seperti ini akan menimbulkan persepsi negatif di mata dunia usaha. Pengusaha pasti menilai akan menderita kerugian akibat intervensi pemerintah itu.

Mayoritas pengusaha umumnya tidak bisa melakukan apa-apa selain menerima kebijakan atas intervensi pemerintah ini. Namun, hal ini bukan berarti pengusaha setuju, melainkan ini akan menimbulkan keraguan pada pengusaha untuk berinvestasi kembali.

Pengusaha pasti akan menghitung dan mengevaluasi terkait investasi yang sudah mereka keluarkan, dan bila menilai tak ada prospek atau keuntungan yang bisa digali ke depannya akibat intervensi, pengusaha akan lebih memilih mundur dari investasi yang sudah pernah ditanam sebelumnya. Untuk itu, pemerintah perlu evaluasi lagi kebijakan intervensi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×