: WIB    —   
indikator  I  

Praktik GCG masih perlu digenjot

Oleh Sigit Pramono
( Ketua IICD dan Praktisi GCG )
Praktik GCG masih perlu digenjot

Saat ini, penerapan tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance (GCG) sangat mendesak. Tata kelola ini terutama perlu diterapkan oleh perusahaan publik, yakni korporasi yang mencatatkan sahamnya di bursa efek.

Ada beberapa indikator yang bisa jadi pertimbangan dan penilaian dalam melihat. Setidaknya, ada lima pilar berdasar parameter Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) dan ASEAN CG Score Card.

Kelima pilar tersebut antara lain kesetaraan peran dan posisi dari pemegang saham. Kesetaraan pemegang saham dalam sebuah korporasi merupakan hal yang sangat penting bagi penerapan GCG. Selain itu, hak-hak para pemegang saham juga harus ditunjukkan dan diprioritaskan oleh perusahaan publik yang menerapkan GCG.

Indikator ketiga yang tidak kalah penting adalah disclosure atau keterbukaan informasi. Keterbukaan informasi harus disampaikan oleh perusahaan-perusahaan yang menerapkan tata kelola yang baik.

Penilaian GCG juga diperhatikan dari sisi manajemen perusahaan yakni komisaris dan direksi. Keterbukaan dari anggota direksi dan komisaris perusahaan jadi hal yang sangat penting juga fundamental. Selain itu, tanggungjawab direksi dan komisaris menjadi dasar perhitungan.

Selama sembilan tahun pelaksanaan IICD, saya melihat, sudah ada peningkatan dari penerapan GCG oleh perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

Namun demikian, saya masih memandang, penerapan tata kelola perusahaan yang baik di negara kita belum maksimal. Jika membandingkan dengan negara-negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia dan Thailand, maka penerapan GCG mereka masih lebih baik ketimbang kita.

Tata kelola perusahaan di negara-negara tersebut masih lebih maju dibanding tata kelola perusahaan di Indonesia. Oleh karena itu, saya berharap, melalui event penghargaan seperti IICD, setiap perusahaan bisa lebih baik lagi dalam menerapkan GCG.      

Reporter : Elisabet Lisa Listiani Putri

Feedback   ↑ x
Close [X]