: WIB    —   
indikator  I  

Ramai memilih obligasi

Oleh Anil Kumar
( Fixed Income Fund Manager Ashmore Asset Management )
Ramai memilih obligasi

Setelah lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings menaikkan rating utang Indonesia menjadi BBB dengan outlook stabil, aliran dana asing kian deras masuk ke dalam negeri. Kondisi ini mencerminkan persepsi risiko investasi di Indonesia semakin membaik.

Buktinya credit default swap (CDS) Indonesia tenor lima tahun dan sepuluh tahun terus turun. Bahkan, CDS Indonesia beberapa kali mencetak rekor terendah sepanjang masa.

CDS Indonesia dengan tenor lima tahun berhasil menyentuh level 76,90. Sedangkan CDS tenor sepuluh tahun, kembali turun ke level 141,63.

Sentimen positif ini juga berhasil membuat banyak perusahaan tertarik menerbitkan surat utang atawa obligasi untuk mendapatkan dana segar. Apalagi suku bunga di pasar obligasi kini sudah lebih rendah ketimbang pinjaman bank yang tak kunjung mengalami penurunan berarti.

Ini membuat semakin banyak perusahaan berlomba-lomba untuk menerbitkan surat utang. Hal tersebut juga membuat adanya persaingan dalam menetapkan imbal hasil.

Maklum, jika imbal hasil yang ditawarkan tinggi, investor akan lebih tertarik dan obligasi bakal laris manis. Tapi risiko yang harus dipikul emiten tersebut juga tak bisa dibilang kecil, mengingat beban bunga jadi lebih besar.

Sebenarnya, perusahaan tidak perlu cemas menanti apakah obligasi yang ditawarkan akan laku atau tidak. Karena tetap saja ada investor yang berminat mengoleksi surat utang tersebut. Kasarnya, ada gula ada semut.

Perusahaan yang mengincar investor asing pun bisa mulai melirik obligasi global. Karena beberapa perusahaan sukses menjalankan aksi korporasi tersebut.

Tapi kekhawatiran tersendiri bagi penerbitan obligasi korporasi adalah masalah imbal hasil dan likuiditas. Jika imbal hasilnya sudah mulai tidak menarik, kemungkinan investor malah lari ke surat utang negara (SUN). Perusahaan juga perlu memperhatikan kondisi moneter dalam negeri agar tak terpuruk.     

Reporter : Danielisa Putriadita

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy
Feedback   ↑ x