: WIB    --   
indikator  I  

Saatnya harus berbagi

Oleh Ardian Taufik Gesuri
Saatnya harus berbagi

Mata Menko Perekonomian Darmin Nasution berbinar-binar tatkala memaparkan pencapaian ekonomi Indonesia saat ini. Di awal presentasi di taman lantai 3 kantor kementeriannya, Selasa lalu, ia menyebut investment grade yang akhirnya disematkan S&P.

Inilah satu pengakuan yang signifikan dari lembaga pemeringkat internasional, melengkapi pemeringkatan Moody’s dan Fitch Ratings sebelumnya. Belum lagi ada sederet perbaikan selain rating kredit: indeks persepsi korupsi, peringkat negara tujuan investasi, kemudahan berusaha, hingga daya saing.

Darmin juga semangat membeberkan aneka perbaikan nyata, mulai dari pertumbuhan ekonomi, inflasi, tingkat kemiskinan, pengangguran, hingga rasio Gini. Namun, ia menyadari bahwa kita jangan berhenti sampai di situ. Ada masalah lebih penting: sustainability, keberlanjutan program pembangunan. Terlebih mulai mencuat risiko krisis sosial yang dipicu oleh isu kemiskinan, kesenjangan, dan ketidakadilan.

Pemerintah tentu menyadari betapa krusialnya masalah ini. Program pro-pemerataan macam KUR, bantuan sosial dan subsidi, peningkatan dana desa belumlah cukup. Maka pemerintah memacu program redistribusi lahan. Targetnya: tahun 2019 mencapai 12,7 juta ha bagi kelompok-kelompok masyarakat, dari masyarakat adat sampai koperasi.

Feedback   ↑ x
Close [X]