: WIB    --   
indikator  I  

Segunung tugas Wimboh Santoso

Oleh Paul Sutaryono
( Pengamat Perbankan & Mantan Assistant Vice President BNI )
Segunung tugas Wimboh Santoso

Akhirnya Wimboh Santoso terpilih menjadi Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) periode 2017-2022 mengalahkan Sigit Pramono setelah DPR melakukan pemilihan melalui voting. Wimboh Santoso sudah ditunggu segunung tugas.   

Terdapat enam anggota DK OJK yang akan mendampingi Wimboh Santoso yakni Nurhaida, Tirta Segara, Riswinandi, Heru Kristiyana, Hoesen dan Ahmad Hidayat. Tujuh orang itu dipilih dari 14 nama yang telah disampaikan Presiden Joko Widodo. Sebelumnya beberapa calon yang diunggulkan termasuk dari petahana (incumbent) telah gugur dalam proses tahapan seleksi oleh Panitia Seleksi (Pansel) yang diketuai Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Hal ini sempat menimbulkan pertanyaan di banyak kalangan termasuk anggota DPR mengapa mereka tidak lolos. Bahkan ada yang mengira telah terjadi titipan dari pihak tertentu.

Untuk mendalami kompetensi dan integritas calon anggota DK OJK, Pansel telah mempertimbangkan data dan informasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Mahkamah Agung (MA), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) dan Bank Indonesia (BI) serta OJK. Tak mau kalah, DPR juga meminta pendapat dari Badan Intelijen Nasional (BIN). Data dan informasi dari berbagai lembaga terpercaya itu penting dilakukan untuk mengendus rekam jejak (track record) calon.

Feedback   ↑ x
Close [X]