: WIB    --   
indikator  I  

Selilit satelit

Oleh Ahmad Febrian
Selilit satelit

Berbagai macam raksasa e-commerce sudah hadir di Indonesia. Dari daratan Tiongkok, sudah hadir Alibaba dan Tencent. Sementara dari sisi pemain lokal ada Grup Djarum, Salim dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom).  

Ada satu lagi raksasa e-commerce yang belum hadir di negeri ini: Amazon. Memang sudah ada eBay, rekan senegara Amazon yang "berpaspor" Amerika Serikat (AS). Tapi di Indonesia, eBay hadir memakai "baju" Telkom lewat Blanja.com.

Kendati begitu, pemain e-commerce sudah siaga satu menghadapi Amazon. Maklum, akhir Juli lalu Amazon sudah mendarat di Singapura, dengan meluncurkan layanan pengiriman ekspres bertajuk Prime Now. Layanan Prime Now memungkinkan pembeli online di negara Singa itu memesan berbagai barang. Mulai dari produk bayi hingga makanan, barang elektronik dan bir. Amazon menargetkan pengiriman cuma dalam waktu dua jam.

Infrastruktur memang menjadi andalan bisnis. Di e-commerce, infrastruktur berupa jaringan logistik. Maka, begitu mendengar Amazon sudah hadir ke Singapura, e-commerce di Indonesia siap berbenah.

Feedback   ↑ x
Close [X]