kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,71   -11,32   -1.32%
  • EMAS943.000 -0,32%
  • RD.SAHAM -0.29%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

AJB Bumiputera, Ikhtiar Rakyat Indonesia

oleh Diding S. Anwar - Akademisi, Praktisi dan Pemerhati Asuransi dan Industri Keuangan


Selasa, 18 Februari 2020 / 11:26 WIB
AJB Bumiputera, Ikhtiar Rakyat Indonesia
ILUSTRASI.

Sumber: Harian KONTAN | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Sudah 108 tahun Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 lahir, tidak diperuntukan bagi trah keluarga pendiri, namun demi kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. AJB Bumiputera lahir sebagai bentuk keprihatinan atas nasib para guru pribumi. Tiga Serangkai Guru, Founding Fathers AJB Bumiputera 1912, yakni M. Ng Dwidjosewojo, MKH Soebroto, serta M. Adimidjoyo dengan modal awal nol sen memulai usahanya, perusahaan asuransi ini berbentuk Onderlinge atau Mutual (Usaha Bersama / UBER).

Luar biasanya, tidak ada keluarga pendiri yang mengklaim sebagai pemilik dan sepenuhnya diserahkan kepada siapapun yang mendapat amanah sesuai ketentuan yang berlaku, tangible, dan intangible asset-nya juga sangat banyak. AJB Bumiputera sebagai perwujudan perjuangan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sebagai Perwakilan Pemilik Perusahaan adalah Pemegang Polis (Pempol) yang mewakili Daerah Pemilihan sebagai Peserta Rapat Umum Anggota (RUA), dengan mekanisme pemilihan yang Jurdil (seperti Pemilu), periode masa tugas juga tugas dan tanggung jawabnya sudah ditentukan.

Peserta RUA harus menjalankan amanah dengan benar dan sebaik baiknya. Tidak diperkenankan sewenang wenang atau memanfaatkan kesempatan. AJB Bumiputera harus benar-benar didedikasikan utk seluruh masyarakat Indonesia (pempol) yang juga pemilik perusahaan. Sangat banyak sekali jasa dan kontribusinya, sulit dihitung jasa dan pengabdiannya bagi bangsa Indonesia.

Berapa banyak yang telah menjadi tokoh pemerintahan, tokoh industri keuangan, tokoh masyarakat, dan tokoh-tokoh lainya. Berapa banyak yang telah memperoleh lapangan kerja untuk menafkahi hidup yang bersangkutan bersama keluarganya. Bahkan, tidak sedikit yang turun temurun anak dan keluarga pegawai tetap setia mencari nafkah di Bumiputera.

Dalam beberapa generasi, rakyat Indonesia yang telah memperoleh/menerima manfaat berupa uang klaim (mungkin sudah ratusan trilliun rupiah bila ditotal semuanya dari sejak berdiri), baik untuk melanjutkan pendidikan anak-anak mereka, maupun kebutuhan kesejahteraan kehidupan masa depan keluarga Pempol di seluruh Indonesia. Berapa banyak kontribusi kepada negara berupa pajak, dan berapa banyak lagi lain lain pengabdian AJB Bumiputera 1912 kepada rakyat Indonesia.

Alhamdulillah, kini pemerintah telah hadir memberikan payung hukum sebagai anugerah bagi stakeholder AJB Bumiputera yang sangat ditunggu-tunggu. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menanda tangani Peraturan Pemerintah (PP) No 87 tahun 2019 tertanggal 26 Desember 2019 menetapkan Bentuk Usaha Bersama (UBER), yang tiada lain hanya untuk AJB Bumiputera.

Pemerintah, DPR dan juga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regulator serta stakeholder lainnya sangat menaruh perhatian dan mendukung untuk keberlangsungan AJB Bumiputera tetap eksis mengabdi kepada rakyat di Bumi Nusantara ini. Kita harus memahami secara mendalam keuntungannya UBER, Siapa pemilik nya?. Pemilik AJB Bumiputera adalah khusus rakyat Indonesia/WNI, sebagai Pempol.

AJB Bumiputera sejak lahir menerapkan sistem terbuka senyatanya. Rakyat Indonesia pemegang polis itulah pemilik AJB Bumiputera. Semoga tidak lupa, kita harus mempedomani UUD 1945 pasal 33 yang menyatakan, "Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan"

AJB Bumiputera ibarat gadis cantik kembang desa, antre peminatnya. Namun, ada handicap, karena kembang desa ini terkungkung khusus pemiliknya, tidak bebas sekalipun pemilik uangnya banyak berminat, kecuali melalui mekanisme sebagai Pempol.

Bagaimana melakukan pengaturan agar Investor dapat bekerja sama sebagai mitra bisnis, win-win solution dengan pendekatan bisnis, namun tidak sebagai pemilik. Semua stakeholder secara bersama-sama perlu mencari alternatif solusinya.

Praktik UBER di dunia

Beberapa perusahan asuransi Mutual atau Usaha Bersama besar di dunia antara lain: Massachusetts Mutual Life Insurance Company. MassMutual, didirikan pada tahun 1851 berkantor pusat di Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Perusahaan asuransi hidup mutual terkemuka dengan 1800 kantor dan 13 juta nasabah di seluruh dunia. MassMutual merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di dunia dan menempati peringkat 93 dalam daftar Fortune 500 (pada 2010).

Perusahaan Asuransi Jiwa New York (NYLIC). NYLIC adalah perusahaan asuransi jiwa terbesar ketiga di AS dan berada di peringkat 69 pada daftar Fortune 500 2018 dari daftar korporasi terbesar di ASdengan total pendapatan sekitar US$ 570 miliar total aset yang dikelola, dan lebih dari $ 25 miliar dalam surplus dan AVR.

Northwestern Mutual Life Insurance. Didirikan di Janesville, Wisconsin pada tahun 1857, Northwestern Mutual telah menjadi penyedia langsung asuransi jiwa terbesar di negara ini.Northwestern Mutual Life Insurance di California ini bernasib sangat baik dalam survei Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik 2020 yang berada di peringkat ke-2. Northwestern Mutual Life peringkat tinggi di semua faktor peringkat individu juga, berada di urutan ke-2 untuk harga dan kemudahan penggunaan situs web dan ke-3 untuk layanan pelanggan.

Penn Mutual Life Insurance.Pertama kali diselenggarakan pada tahun 1847, ini adalah perusahaan asuransi jiwa mutual tertua kedua di AS. Dalam 160 tahun terakhir, komitmen perusahaan telah membantu klien mereka mencapai keamanan finansial seumur hidup.

Nippon Life. Perusahaan ini didirikan dengan nama Nippon Life Assurance Co pada bulan Juli 1889, dan pada tahun 1891, namanya diubah menjadi Nippon Life Assurance Co, Ltd. Ketika perusahaa berdiri, sebuah tabel premium berdasarkan statistik kematian unik Jepang dibuat. Pada saat yang sama, Nippon Life menjadi perusahaan asuransi jiwa Jepang pertama yang memutuskan untuk menawarkan dividen keuntungan kepada pemegang polis, yang mewujudkan semangat gotong royong. Perusahaan ini berada di peringkat 126 di antara perusahaan-perusahaan Fortune 500 global pada tahun 2018.

Dai-ichi Life Insurance.Perusahaan ini berasal dari Jepang yang bergerak di sektor finansial. Fokus utama Dai-ichi Life Insurance adalah industri asuransi kesehatan dan jiwa. Pada tahun 2014, Dai-ichi Life Insurance mendapatkan penjualan sebesar US$ 58,1 miliar dengan total keuntungan US$ 0,8 miliar.

Pada tahun yang sama, Dai-ichi Life Insurance menempati peringkat ke-301 dalam daftar Global 2000, sebuah daftar perusahaan terbesar di dunia yang diperingkat oleh majalah bisnis Forbes, dengan total nilai pasar US$ 14,5 miliar dan total aset sebesar US$356,3 miliar.

Selain diatas masih banyak perusahaan asuransi mutual di berbagai negara. Perusahaan asuransi jiwa terbesar di dunia berbentuk Mutual atau UBER dan da sekitar 5.100 perusahaan asuransi berbentuk ini dari 77 negara.

Penulis : Diding S. Anwar

Akademisi, Praktisi dan Pemerhati Asuransi dan Industri Keuangan




TERBARU

[X]
×