kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akurasi data modal utama


Jumat, 08 Desember 2017 / 15:58 WIB
Akurasi data modal utama


Reporter: Teodosius Domina | Editor: Tri Adi

Penyaluran dana bantuan sosial yang belum tepat sasaran ini merupakan penyakit lama yang belum sembuh-sembuh. Menurut saya, salah satu faktor yang membuat bantuan sosial selama ini belum tepat sasaran lantaran aparat di bawah tidak punya kesadaran tentang maksud dari dana bantuan sosial.

Alhasil, masih banyak proses pendataan penerima bantuan sosial yang kurang teliti atau tak sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Padahal, menurut saya, kalau data dari Dinas Sosial atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di kabupaten dan kota akurat, ini tentu akan sangat membantu menyukseskan penyaluran bantuan sosial.

Menurut saya, dalam hal penyaluran bantuan sosial, maka kerja pemerintah kabupaten hingga pemerintah desa maupun kelurahan akan sangat menentukan pendataan penerima bantuan sosial maupun implementasi penyalurannya. Jika ada nepotisme di daerah, misalnya kepala desa, kepala dusun, ketua RT, hal itu akan mengganggu proses pendataan penerima bantuan sosial.

Alhasil, survei atau pendataan penerima bantuan sosial menjadi salah sasaran jika ada ketua RT atau pihak lain di level bawah lebih mementingkan keluarganya sebagai penerima bansos. Padahal mereka seharusnya menjadi ujung tombak pendataan karena  yang mengetahui kondisi riil masyarakat.

Jadi, menurut saya, modal utama kesuksesan penyaluran bantuan sosial agar tepat sasaran adalah akurasi data dan transparansi. Karena itu, ke depan pemerintah perlu terus membenahi pendataan penerima bantuan sosial.

Pemerintah harus mengawal proses pendataan penerima bantuan hingga ke level terbawah. Bila perlu, Kementerian Dalam Negeri membuat surat edaran atau surat keputusan yang ditujukan ke daerah agar ikut memantau pendataan penerima bantuan sosial hingga ke tingkat desa.

Pemerintah juga perlu mengedukasi masyarakat dalam hal akses data bantuan sosial. Cara ini berpeluang memunculkan proses verifikasi dua arah.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×