kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Arahnya saling kolaborasi


Rabu, 14 Maret 2018 / 13:55 WIB
Arahnya saling kolaborasi


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tri Adi

Kebutuhan nasabah selalu berubah, salah satunya didorong oleh teknologi. Sehingga pada dasarnya nasabah ingin layanan lebih aman, nyaman dan serba cepat.

Dalam menyikapi ini bank harus pandai membawa diri dengan harus mengalami perubahan sendiri di dalam organisasi bank. Sebab persaingan bukan hanya antar bank lagi, tetapi sudah berbagai macam industri termasuk juga perusahaan teknologi finansial (tekfin).

Tanpa perubahan itu memang akan sulit bagi bank untuk bisa beradaptasi. Bank harus berkolaborasi antar perusahaan baik itu non bank maupun tekfin. Kuncinya hanya disitu

Cara pandang perbankan harus berkolaborasi bukan melawan atau mendisrupsi. Ini adalah perubahan zaman yang tidak bisa diganggu gugat.

Kolaborasi yang dilakukan tergantung bisnis model bank. Contohnya dengan tekfin. Bank sudah lama memiliki sistem dan manajemen risiko terolah dengan baik.  Jadi bank ditunjuk regulator untuk mengelola finansial.

Melihat fakta ini, perusahaan tekfin bisa menyerahkan platform back end kepada bank sehingga bisa menjadi salah satu mitigasi agar tekfin lebih kokoh ke depan karena bank sebagai back end.

Dalam pengelola bisnisn, kenyataannya uang masyarakat ada di bank. Kalau pelaku bisnis non bank tidak berkolaborasi, terlalu berat untuk mengedukasi pasar supaya menaruh uang yang besar ke plafform itu.

Untuk jumlah kecil bisa saja, tapi untuk jumlah besar tidak semudah itu. Harus saling berkolaborasi agar fasilitas ini bisa diberikan supaya manajemen risiko semuanya mudah dan murah.

Bank juga memiliki batas, seperti network. Perusahaan semacam tekfin memakai teknologi dan bisa memberikan delivery channel yang lebih luas. Dus, model bisnis yang sulit dijangkau bank karena biaya terlalu mahal misalnya, bisa dijangkau oleh perusahaan ini. Saya pikir kami saat ini tidak dalam posisi bersaing. Arahnya berkolaborasi karena saling membutuhkan.    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×