kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Asa di balik penurunan suku bunga acuan


Kamis, 26 September 2019 / 09:50 WIB

Asa di balik penurunan suku bunga acuan

Sesuai dengan perkiraan ekonom dan pelaku pasar keuangan, Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia yang diadakan tanggal 18 19 September 2019 untuk ketiga kalinya memutuskan untuk menurunkan kembali BI 7-day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 basis points (bps) menjadi 5,25%, suku bunga Deposit Facility sebesar 25 bps jadi 4,5 %, dan suku bunga Lending Facility sebesar 25 bps ke 6 %.

Penurunan suku bunga acuan ini merupakan langkah BI memberikan stimulus untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia ke arah yang lebih baik. Terutama, di tengah kondisi ekonomi global dan nasional yang penuh tantangan.

Kebijakan ini sesuai keinginan dan ekspektasi para pelaku ekonomi. Mereka berharap penurunan suku bunga ini bisa berdampak pada tingkat suku bunga kredit perbankan yang sampai saat ini masih bertengger pada angka double digit.

Walaupun korelasi antara suku bunga acuan dengan suku bunga riil yang berlaku di setiap lembaga perbankan sangat rendah, namun penurunan suku bunga acuan ini setidaknya bisa menjadi gambaran terhadap prospek perekonomian nasional dan persepsi terhadap risiko ekonomi bisa berkurang. Penurunan tingkat suku bunga acuan bisa menciptakan image positif terhadap kondisi perekonomian nasional sehingga bisa menciptakan ekspektasi positif di kalangan para pelaku ekonomi nasional termasuk lembaga perbankan sehingga suku bunga kredit bisa berkurang.

Ekspektasi positif para pelaku ekonomi terhadap penurunan suku bunga acuan ini paling tidak didasari oleh dua hal. Pertama, kondisi ekonomi politik global terutama efek perang dagang Amerika Serikat (AC) China. Kedua, kondisi ekonomi nasional yang sudah relatif stabil. Oleh karena itu, sangat bisa dipahami jika para pelaku ekonomi menyimpan asa yang sangat besar terhadap momentum ekonomi pasca penurunan suku bunga acuan ini.


Reporter: Harian Kontan
Editor: Tri Adi

Video Pilihan


Close [X]
×