kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangan Gagal Fokus Setelah Stimulus


Senin, 06 Juli 2020 / 10:28 WIB
Jangan Gagal Fokus Setelah Stimulus
ILUSTRASI.


Sumber: Harian KONTAN | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Pandemi Covid-19 dampaknya kini bukan hanya kepada kesehatan sebagaimana awalnya virus itu menjalar ke Indonesia atau seluruh dunia. Worldometer per 5 Juli 2020 mencatat kasus terinfeksi virus korona seluruh dunia mencapai 11.395.678 kasus, dengan jumlah kematian 533.778 jiwa dan 6.450.713 jiwa sembuh.

Kekhawatiran dan ketakutan akan keselamatan, saat ini sudah bertransformasi menjadi ketakutan terjadinya resesi ekonomi. Tidak bisa dipungkiri memang, bila pandemi sepanjang hampir satu semester ini telah merubah arah perekonomian secara drastis. Data yang diambil dari Bloomberg memperlihatkan tren pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB), memiliki kecenderungan yang sama yaitu declining.

Negara-negara dengan ekonomi besar seperti Amerika Serikat, kuartal pertama tahun 2020 hanya bisa tumbuh 0,3% atau sangat jauh dibandingkan dengan kuartal pertama tahun 2019 yang 2,7%. Mitra dagang utama kita yaitu China, negara pertama terjangkit, bahkan terjun bebas menjadi minus 6,8%. Bagaimana dengan Indonesia? Kuartal pertama tahun ini juga merosot ke 2,97%.

Perekonomian nasional mulai merasakan tekanan, saat sebagian besar aktivitas ekonomi terhenti beroperasi. Tidak tanggung-tanggung, pandemi ini mengancam Indonesia baik dari sisi demand dan supply sekaligus.

Rilis ekonomi Indonesia pada kuartal pertama BPS memperlihatkan fakta pelemahan seluruh komponen demand, terutama konsumsi yang hanya tumbuh 2,7% padahal kontribusi PDB-nya adalah tertinggi (59,4%).

Sisi supply kondisinya sebelas dua belas dengan sisi demand, dimana seluruh komponen pembentuknya bermufakat untuk melemah. Sektor-sektor dengan kontribusi terbesar seperti manufaktur (20%), perdagangan (13,2%), dan pertanian (12,8%), sepakat untuk tidak tumbuh di atas 2% bahkan pertanian tidak tumbuh sama sekali.

Pemerintah sebenarnya tidak tinggal diam, beberapa kebijakan disiapkan untuk menyelamatkan dan memulihkan ekonomi nasional. Kebijakan seperti menjaga konsumsi masyarakat, mendukung dunia usaha dan mempertahankan investasi, hingga ekspor-impor telah serius dipersiapkan. Namun demikian, langkah tersebut tentu berimplikasi pada dana yang harus disediakan.

Kemampuan bayar utang

Pemerintah telah menyiapkan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan dana mencapai Rp 582,15 triliun, bila biaya kesehatan dimasukkan angkanya membesar menjadi Rp 669,7 triliun. Biaya sebanyak itu sudah pasti berdampak pada APBN, yang defisitnya melebar menjadi Rp 1.039 triliun atau 6,34% PDB.

Kebijakan counter cyclical pemerintah dalam mempercepat pemulihan ekonomi, memang harus dibayar dengan naiknya utang. Rasio utang pemerintah diperkirakan berada di rentang 33,8% 35,88% dari PDB 2020. Rasio tersebut memang masih jauh lebih rendah dari batas yang ditetapkan dalam UU No 17/2013 tentang Keuangan Negara, yaitu 60%.

Rasio utang nasional memang masih aman bila dibandingkan dengan PDB, Namun bagaimana bila menggunakan barometer lain? Pengamat ekonomi mulai mengingatkan penambahan utang, terutama utang luar negeri (ULN) nasional, baik pemerintah maupun swasta. Salah satunya adalah Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara, yang mengingatkan pemerintah untuk mencermati risiko debt to service ratio (DSR).

Definisi DSR menurut Bank Indonesia (BI) adalah rasio pembayaran pokok utang dan bunga utang luar negeri terhadap penerimaan transaksi berjalan. Alhasil rasio DSR, mencerminkan kemampuan negara menyelesaikan kewajiban membayar utang.

Jika rasio DSR semakin besar berarti beban utang yang ditanggung semakin besar, demikian pula sebaliknya. Sedangkan transaksi berjalan adalah semua transaksi ekspor dan impor barang-barang dan jasa-jasa.

Merujuk Statistik Utang Luar Negeri Indonesia yang dirilis BI, DSR kuartal I-2020 adalah 27,65% atau naik dibandingkan dengan kuartal IV-2019 yang 18%. Peningkatan DSR (ULN) ini dipengaruhi arus modal masuk Surat Berharga Negara (SBN), dan penerbitan Global Bonds sebagai bagian pemenuhan kebutuhan pembiayaan, termasuk penanganan Covid-19.

Apakah kita harus khawatir? Khawatir boleh tapi lebih tepat waspada karena meski DSR meningkat, tapi bila dilihat tren DSR kuartal I, sejak empat tahun terakhir selalu di atas 25%.

Alhasil peningkatan itu bisa dibilang merupakan pola tahunan, bahkan bila disetahunkan DSR tahun 2020 yang 21,99% masih terendah sejak 2015 yang rata-rata 27,66% atau batas aman menurut International Monetary Fund (IMF) yakni sebesar 25%.

Unfair Trade

Sebenarnya ada yang lebih penting untuk diwaspadai, yaitu menjaga kinerja ekspor. Menurut data Bea Cukai kinerja ekspor sepanjang tahun 2020 ini, trennya selalu negatif setiap bulannya, kecuali Februari 2020. Penurunan tertajam terjadi Mei sebesar -28,96% (yoy) sehingga secara akumulatif tumbuh negatif 5,92%. Ngeri kan!

Hal lain yang perlu diperhatikan pemerintah sebagai dampak kebijakan penyelamatan dan pemulihan ekonomi, adalah stimulus bagi industri. Stimulus atau insentif ini dapat dipersepsikan negara mitra dagang sebagai tindakan curang Indonesia dalam melakukan perdagangan atau unfair trade sekaligus bentuk penerapan tax remediesTax remedies sendiri adalah instrumen yang digunakan suatu negara untuk melindungi industrinya dari akibat praktik perdagangan tidak sehat. Instrument tersebut bisa berupa bea masuk antidumping (BMAD), bea masuk tindak pengamanan sementara (BMTP) atau  safeguards, juga stimulus atau fasilitasi.

Pada situasi pandemi, program PEN dengan stimulus industri mungkin bisa dikecualikan dari tuduhan kecurangan, karena lumrah dan saat ini dilakukan negara lain. Namun demikian perlu kehati-hatian dan kecermatan tentang berapa lama stimulus itu diberikan. Mengingat bila kondisi dianggap sudah masuk fase pemulihan, PEN bisa jadi dianggap sebagai kebijakan yang restriktif bahkan distortif terhadap perdagangan.

Ada hal yang lebih penting dibanding tuduhan unfair trade, yaitu guyuran impor asal negara lain yang juga memberikan stimulus pada industrinya. Ancaman terdekat mungkin datang dari China, yang sudah mulai pulih industrinya pada saat negara lain masih fokus pada penanganan Covid-19.

China saat ini pasti sudah siap dengan persediaan barang ekspornya, dan melihat Indonesia sebagai tujuan ekspornya. Bila barang impor yang masuk merupakan produk andalan industri nasional dan sedang mengalami penurunan demand, tentu makin menambah tekanan meskipun belum dalam jumlah besar.

Kekhawatiran atas utang yang meningkat dan tuduhan tindakan kecurangan perdagangan memang suatu hal yang perlu dilakukan. Namun demikian, jangan sampai semua kekhawatiran itu, menutupi potensi masalah dan menjadi bom waktu yang tidak terdeteksi bagi ekonomi bangsa ini.

Penulis : Gatot Priyoharto

Kepala Seksi Perencanaan dan Evaluasi Perencanaan Ditjen Bea Cukai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×