kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kebakaran & Perampok


Jumat, 07 Mei 2021 / 16:38 WIB
Kebakaran & Perampok
ILUSTRASI.


Sumber: Harian KONTAN | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Beberapa minggu ini selalu saja ada orang yang bertanya mengenai tawaran-tawaran investasi. Ada yang tergiur karena iming-iming investasi dari temannya, lengkap dengan bukti screen shot return portofolio yang menggiurkan. Ada juga yang tergoda karena "serangan" bertubi-tubi dari iklan yang selalu menyelip nongkrong di setiap kegiatannya bersosial-media.

Tentu saja, ada juga orang yang sengaja mencari tempat berinvestasi yang bisa menjadi alternatif pendapatan baru. Ada begitu banyak jalur atau platform yang tersedia. Mulai dari grup-grup yang bisa dengan mudah dicari di Telegram, aplikasi di smart phone.

Dalam resesi seperti sekarang ini, saat banyak orang kehilangan mata pencaharian, banyak usaha yang tidak berjalan, bunga deposito di bank yang super rendah, rasanya menjadi sangat wajar untuk mencari alternatif penghasilan baru.

Tapi di sisi lain Anda harus sadar, kondisi ini sangat ideal untuk orang-orang untuk "merampok" aset orang lain. Kondisi di mana sang empunya uang sedang bingung dan kehilangan kepercayaan atas tempat-tempat investasi konvensional. Saat sang empunya uang juga mungkin berpikir untuk segera "menyelamatkan" investasinya dengan menempatkan di tempat-tempat baru yang hype.

Para "perampok" itu ibarat melihat kebakaran besar. Ada begitu banyak orang bingung dan panik melihat kondisi tak menentu. Apakah perekonomian Indonesia bisa kembali berjalan sesuai harapan? Apakah pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir? Apakah bisa liburan panjang di depan mata ini, tak perlu diikuti ledakan penderita Covid-19? Apakah pasar saham kita bisa kembali berkibar seperti di awal-awal masa pandemi? Apakah betul investasi zaman now harus masuk di digital currency?

Celakanya di negeri ini tak pernah ada sistem pensiun yang mampu menjamin setiap pembayar pajaknya. Jadi kehati-hatian dan kecermatan mayoritas orang di negeri ini dalam menempatkan investasi adalah taruhan hidupnya.

Moga-moga gambaran ini bisa membuat Anda para pemilik aset bisa bijaksana menyikapi tawaran investasi. Rumusnya masih tetap sama: dalam investasi tidak ada kepastian, selalu ada risiko besar di balik hasil investasi yang besar.

Dan tentu saja prinsip kejam dalam dunia investasi, yaitu tak pernah ada makan siang yang gratis. Jangan pernah berpikir, ada orang yang begitu baik hati memberikan kita hasil investasi puluhan persen, tanpa ada apa-apa di baliknya.

Penulis : Djumyati Partawidjaya

Redaktur Pelaksana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×