kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Kualitas wisatawan semakin penting


Senin, 02 September 2019 / 12:00 WIB

Kualitas wisatawan semakin penting


Baru-baru ini beredar rekaman perilaku tidak etis sepasang wisatawan asing di sebuah pura di Bali. Sikap tidak pantas yang kerap kali ditunjukkan para tamu asing di Bali melukai tidak hanya warga Bali, tetapi para pecinta alam dan budaya Bali. Selama ini, masyarakat bangsa ini berupaya menjaga tatanan Bali, agar terjaga kesucian dan kelestarian nilai-nilai luhur yang lama berakar dalam kehidupan sehari-hari di Bali.

Tak hanya itu, ulah wisatawan asing di Bali juga merugikan, mencelakakan, dan membahayakan masyarakat kita. Seorang bule yang mengaku mabuk, menabrakkan diri ke sebuah mobil yang sedang melintas di area Kuta. Dia juga menendang pengendara motor yang akan berangkat kerja hingga korban jatuh dari kendaraannya. Bukan cuma itu, kemarahan juga dia lanjutkan di sebuah minimarket. Dua perilaku tak pantas dari para tamu kita itu semakin memperjelas pentingnya penyaringan dari setiap tamu yang akan datang.

Hal yang kontras, film dokumenter budaya Bali karya sutradara Livi Zheng berjudul Bali: Beats of Paradise yang tayang di bioskop di Tanah Air pada 22 Agustus 2019. Sebelumnya, film yang mengangkat kisah seniman gamelan Bali yang menjadi dosen di Amerika Serikat itu tercatat masuk dalam seleksi Piala Oscar 2019 untuk nominasi Best Picture. Kehadiran film tersebut di satu sisi menjadi promosi yang baik untuk pariwisata Bali khususnya dan Indonesia umumnya. Di sisi lain menjadi perhatian publik dalam negeri akan eksistensi Bali akhir-akhir ini.

Bahkan, di tengah antusiasme publik di dalam negeri menyambut film tentang gamelan Bali yang mendunia, fakta tentang perilaku tidak etis, brutal, dan arogan yang ditampilkan para tamu asing menjadi kontradiksi yang menyedihkan. Telah lama digagas pentingnya seleksi bagi para tamu asing yang akan masuk ke Bali. Namun, secara teknis hal tersebut belum diatur dan dipikirkan secara detil.

Meski demikian, rintisan untuk menerima tamu secara lebih selektif perlu dimulai. Dasarnya adalah, semakin dibutuhkan tamu mancanegara yang berkualitas, tidak lagi mengejar jumlah kunjungan tetapi tingkat pengeluaran dan lama tinggal. Asumsinya, saat ini dengan tingkat kunjungan yang ada, di masa selanjutnya perlu dipertimbangkan potensi tingkat konsumsi dan perilaku wisatawan mancanegara yang tidak merugikan kehidupan sosial di destinasi yang mereka kunjungi.

Model wisata yang ditawarkan pun perlu semakin diprioritaskan pada segmentasi yang relevan dengan turis berkualitas. Pertama, meeting, incentive, conference, exhibition (MICE). Segmentasi pasar MICE hampir dipastikan memiliki daya beli yang bagus, lebih well educated, dan punya kecenderungan perilaku yang adaptif dengan norma sosial di dalam negeri. Karena itu, segenap potensi yang dimiliki daerah, dianjurkan untuk berbenah lebih serius untuk mendatangkan tamu dari segmentasi industri ini.

Event atau acara yang kerap kali mendatangkan wisatawan berkualitas terdiri dari budaya, olahraga, dan musik. Lombok, misalnya, dengan kehadiran Mandalika yang akan memiliki sirkuit MotoGP dan Formula 1 bisa menarik minat berkunjung para pecinta olahraga tersebut. Sport tourism menjadi acara berkualitas yang diharapkan juga akan mampu menarik segmen wisatawan yang memiliki motivasi yang baik untuk berkunjung. Bahkan kabarnya, potensi pasar internasional untuk dua olahraga itu tidak hanya disediakan akomodasi di Lombok tapi juga Bali.

Dampak berganda dari wisata olahraga ini tidak hanya bagi tempat penyelenggaraan dan terbatas pada waktu penyelenggaraan saja. Citra daerah sebagai tuan rumah penyelenggara acara juga akan terdongkrak positif. Persiapan sebelum penyelenggaraan juga memberikan manfaat ekonomi tuan rumah.


Reporter: Harian Kontan
Editor: Tri Adi
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0008 || diagnostic_api_kanan = 0.0008 || diagnostic_web = 0.2945

Close [X]
×