kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peluang Gates


Selasa, 27 Oktober 2020 / 09:35 WIB
Peluang Gates
ILUSTRASI.


Sumber: Harian KONTAN | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Perjalanan bisnis tidak akan pernah kembali ke level sebelum pandemi Covid-19. Pesan ini diungkapkan Bill Gates, Founder Microsoft, dalam wawancara dengan Editor-in-Chief GeekWire Todd Bishop, dalam GeekWire Summit 2020 secara online pekan lalu.

Ia pun lantas meramal, dalam dua atau tiga tahun (ke depan), perjalanan dinas akan turun sekitar 50%. Pertemuan secara digital akan mendominasi ke depan. Ini bukan kali pertama, Gates membuat ramalan. Tahun 1995 atau 25 tahun lalu, Gates juga meramal bahwa peran video call kelak akan menggantikan pertemuan tatap muka.

Yang juga menarik dalam wawancara itu, Gates lagi-lagi mengeluarkan ramalannya bahwa kelak orang akan memiliki layar yang lebih besar, seiring meningkatnya aktivitas yang dilakukan secara online.

Suatu saat nanti komputer pribadi orang makin besar. Kata Gates, jangan kaget jika kelak akan banyak orang menghabiskan seluruh dinding rumah mereka dengan layar.

Pandemi korona mengubah banyak hal dalam kehidupan kita semua, peluang dan tantangan harus kita hadapi sekaligus. Semua perilaku manusia tak lagi sama.

Akhir pekan lalu, saya tak sengaja bertemu dengan salah seorang petinggi pengusaha properti besar, setelah menyelesaikan lari pagi di ujung weekend. Banyak cerita menarik dari dia. Salah satunya: penjualan properti tetap meledak. Kata dia, penjualan properti hanya turun di Mei, setelah itu bergerak naik terus sampai saat ini.

Pandemi memaksa orang beraktivitas di rumah, mulai bekerja, rapat, seminar, sekolah, berolahraga, mencari hiburan, menjalankan hobi hingga aktivitas shopping. Kondisi ini kembali memaksa banyak orang "kembali ke rumah."

Efeknya, penjualan rumah naik. Orang berburu rumah. Bahkan orang yang memiliki apartemen, kembali ke rumah karena semua keluarga butuh space atau ruang nyaman dalam beraktivitas. Tak sedikit orang yang sudah memiliki rumah membutuhkan rumah baru.

Ramalan Gates bisa jadi terbukti kelak. Ketika perjalanan bisnis tergantikan daring, rumah akan jadi sentral aktivitas. Layar besar, komputer besar adalah sarana menjalankan aktivitas, pun dengan rumah.

Aktivitas manusia tak lagi sama seperti saat sebelum pandemi. Ini tantangan sekaligus peluang. Semua berlomba mencari peluang ini dan menghadapi tantangan. Semua bergegas menjadi terdepan. Jadi bergegaslah menghadapi perubahan, karena aktivitas berubah.

Penulis : Titis Nurdiana

Managing Editor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×