kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengusaha butuh kepastian


Kamis, 21 Desember 2017 / 13:52 WIB
Pengusaha butuh kepastian


Reporter: Sinar Putri S.Utami | Editor: Tri Adi

Bila berkaca pada kondisi bisnis yang terjadi pada tahun 2017 ini, jawabannya ada yang naik dan turun. Tetapi, bila ditelaah ke sektor tertentu, misalnya ritel, maka hampir dipastikan semua pelaku usahanya mengeluh.

Menyambut tahun 2018, keyakinan pengusaha terhadap kondisi ekonomi nasional 2018 tak akan jauh berbeda dari tahun 2017, kecuali sejumlah indikator untuk meningkatkan keyakinan pengusaha bisa dipenuhi pemerintah.

Pertama, pengusaha butuh kepastian hukum dalam menjalankan usahanya. Hal ini sangat mendasar untuk dipenuhi pemerintah, sebagai bukti dukungan terhadap perekonomian

Kedua, pengusaha ingin adanya kemudahan dalam perizinan. Selama ini peemrintah selalu menyatakan bahwa mengurus izin usaha sangat mudah, tapi pada kenyataan di lapangan tak semudah yang diucapkan. Seringkali tak ada sinkronisasi antara pusat dan daerah sehingga membingungkan pengusaha.

Dari rumitnya soal perizinan ini membuat banyak  pengusaha yang mengurungkan niat untuk melakukan ekspansi usaha.

Ketiga, soal daya saing terkait biaya yang harus dikeluarkan pengusaha. Dalam beberapa tahun terakhir, daya saing industri sulit digenjot karena ekonomi lambat. Di sisi lain produktivitas juga tak meningkat karena banyak tenaga kerja yang kerap menuntut kenaikan upah tinggi tiap tahun, padahal pengusaha juga terbeban dengan ekonomi biaya tinggi.

Keempat, jaminan stabilitas politik. Label tahun 2018 sebagai tahun politik membuat pengusaha menginginkan situasi politik yang kondusif dan tak ada demonstrasi yang mengganggu roda ekonomi. Selain itu, jaminan politik terkait dengan regulasi yang tidak menimbulkan kegaduhan bagi dunia usaha.

Saya rasa faktor tersebut sangat menentukan guna memupuk keyakinan dunia usaha di tahun depan. Namun, bila faktor ini semuanya tak bisa dipenuhi pemerintah, maka pengusaha cenderung wait and see. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×