kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perlu teknologi yang tepat


Kamis, 14 September 2017 / 13:39 WIB
Perlu teknologi yang tepat


Reporter: Siti Maghfirah | Editor: Tri Adi

Bank Indonesia telah menerbitkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 19/10/PBI/2017 tentang Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme bagi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran Selain Bank dan Penyelenggara Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing (Kupva) Bukan Bank.Sinakat cerita, beleid ini berisi tentang semua yang terkait dengan penyedia jasa sistem pembayaran, termasuk finansial teknologi atau fintech.

Kebebasan bagi siapapun yang melakukan transaksi melalui fintech berpeluang dimanfaatkan oleh oknum tertentu  melakukan tindak kriminal seperti pencucian uang atau money laundry. Oleh karenanya, perlu ada koordinasi antara pemain fintech dengan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk membahas teknologi yang tepat untuk digunakan agar sejalan dengan peraturan yang dibuat.

Ada beberapa opsi yang dapat digunakan untuk pengamanan, misalnya menggunakan teknologi recognition atau fingerprint. Model ini dapat menjadi alternatif untuk dimanfaatkan dalam sistem pembayaran ke depan.

Selama ini prosedur yang diberikan kepada pemberi dana dari masing-masing pemain fintech memiliki konsep berbeda-beda. Secara umum, syarat yang diwajibkan adalah si pemberi dana harus memiliki rekening bank. Artinya, dalam hal ini, bank yang memiliki kewajiban  mengawasi transaksi yang dilakukan oleh nasabah mereka.

Selama customer memiliki rekening bank di Indonesia, siapa pun bebas melakukan transaksi fintech. Kami yakin bank pasti memiliki prinsip know your customer untuk mengatur nasabah.

Selain itu, beberapa antisipasi lain yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya money laundry ialah  bekerjasama dengan pihak bank atau perusahaan fintech lain yang mempunyai fasilitas verifikasi.

Yang pasti kami berharap PBI ini tidak kontradiktif dengan semangat perkembangan fintech dalam memudahkan transaksi pembayaran.     

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×