kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,31   14,96   1.63%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Suvenir


Jumat, 31 Agustus 2018 / 16:12 WIB
Suvenir


Reporter: Hendrika Yunapritta | Editor: Tri Adi

Asian Games 2018 ini adalah perjuangan. Bagi para atlet, pelatih, dan ofisial mereka, jelas perjuangan meraih medali atau memecahkan rekor. Nah, bagi para pengunjung area Gelora Bung Karno Senayan, event ini adalah perjuangan untuk beli suvenir.

Tidak percaya? Lihat saja, bagaimana antrean yang selalu mengular panjang untuk masuk ke Super Store. Pengunjung Asian Games 2018 ini harus rela menyisihkan waktu antri, karena Super Store dibatasi hanya 20 orang sekali buka pintu.

Beberapa item best seller adalah boneka dan kaus yang segera tandas dalam hitungan jam. Ironisnya, hari-hari menjelang penutupan Asian Games 2018, muncul cerita bahwa banyak atlet dari manca negara yang tidak kebagian suvenir, seperti boneka Bhin bhin, Atung, dan Kaka.

Soal suvenir boneka ini pun ada cerita tersendiri. Rupanya, suvenir Asian Games 2018 sudah dijual lama, sejak awal tahun, sebelum hajatan olahraga empat tahun sekali ini dibuka. Boneka Asian Games 2018 dijual secara online, beberapa pengecer modern, dan di pop up store yang berlokasi di mal. Namun, waktu itu, penjualannya seret. Bahkan, perusahaan pemegang order boneka maskot Asian Games sempat putus asa dan bingung, mengapa suvenir event internasional ini tidak dilirik orang.

Ternyata, setelah upacara pembukaan, boneka tersebut laris manis di pasar. Penjualan boneka naik 300% dibanding saat sebelumnya. Sampai sekarang pun, menurut petugas di Super Store, saban dipasok, boneka maskot ludes dengan cepat. Pasokan boneka ini tidak bisa serta merta banyak, karena produksinya masih dilakukan secara manual. Untuk menghasilkan boneka maskot, pembuatnya butuh waktu 3 minggu.

Sri Rezeki Isman (Sritex) yang memproduksi beberapa pakaian berlogo Asian Games 2018 untuk suvenir juga menaikkan produksi. Awalnya, mereka mematok target 30.000, ternyata sampai Pembukaan AG 2018, Sritex, yang membuat T-Shirt, jaket, sampai kaos kaki ini sudah membuat 50.000 pakaian berlogo AG.

Tidak hanya suvenir resmi rupanya, karena kalau diamati ternyata para atlet dan utusan negara manca itu juga berburu oleh-oleh di Thamrin City serta Gedung Smesco.

Kalau sudah begini, memang terasa bahwa Asian Games 2018 adalah pesta semua pihak di Indonesia. Tentu saja, selain perolehan medali yang membanggakan itu. Nah, seandainya Anda belum kebagian boneka maskot, kabarnya, mereka akan dijual sampai akhir 2018.•

Hendrika Y.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×