kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tangani dari Hulu


Senin, 15 Februari 2021 / 14:45 WIB
Tangani dari Hulu
ILUSTRASI.


Sumber: Harian KONTAN | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - Sudah setahun wabah Covid-19 melanda Indonesia dan dunia. Namun, belum terlihat tanda-tanda wabah menular ini bakal mereda dalam waktu dekat. Vaksinasi Covid-19 memang memberi harapan, tapi juga bukan jaminan bahwa ini akan meredakan wabah dalam tempo singkat.

Apalagi selama perilaku masyarakat makin abai protokol kesehatan dan kalau tidak ada ketegasan dalam penegakan aturan protokol kesehatan. Vaksinasi Covid-19 sebagai salah satu pengendalian wabah juga butuh proses lama mengingat produksi vaksin masih terbatas tapi diperebutkan banyak negara.

Jadi, pengendalian penularan wabah korona masih sangat diperlukan selama vaksinasi Covid-19 belum sampai pada level bisa mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity. Maka itu, tepat kiranya kebijakan Kementerian Kesehatan yang akan lebih menggencarkan tracing dan testing di masyarakat untuk mengetahui lebih banyak kasus Covid-19 sehingga bisa dilakukan tindakan atau treatment lebih cepat.

Kebijakan seperti ini juga dilakukan India dan cukup efektif meredam penularan corona. Mungkin di tahap awal, kita akan melihat lonjakan kasus, tapi berkaca dari pengalaman India yang gencar melakukan tracing dan testing, sejak September 2020 kasus harian di negara tersebut berangsur turun.

Dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR pekan lalu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sudah menyebut, pemerintah akan menggelontorkan anggaran yang lebih besar pada bagian hulu atau pada program diagnostik ini. Menurut dia, penanganan Covid-19 dari hulu ini harus ditingkatkan agar beban rumah sakit, tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 bisa berkurang.

Pertimbangan yang masuk akal. Mudah-mudahan penanganan dari hulu berupa pelacakan dan pengujian secara agresif ini bisa segera dilakukan agar kita juga tahu data kasus Covid-19 yang sebenarnya sehingga langkah penanganannya juga akan lebih tepat.

Kunci penting lain pengendalian Covid-19 adalah penegakan aturan protokol kesehatan yang tidak boleh kendur karena kita belum tahu sampai kapan wabah ini berakhir. Makin kendur kita menegakkan aturan, masyarakat makin abai protokol kesehatan dan semakin lama pula wabah bakal mereda.

Keberhasilan mengendalikan wabah Covid-19 akan membuat anggaran pemerintah lebih terkendali dan kita bisa menata ekonomi kembali lebih cepat.

Penulis : Khomarul Hidayat

Redaktur Pelaksana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×