kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tol baru


Senin, 11 Juni 2018 / 12:59 WIB
Tol baru


Reporter: Harris Hadinata | Editor: Tri Adi

Pemilihan umum presiden memang baru bakal digelar pada 2019 nanti. Siapa saja calon-calon yang bakal berlaga di ajang pemilu juga belum fixed. Meski begitu, suasana kampanye sudah terasa kuat saat ini.

Suasana seperti kampanye ini juga mewarnai perjalanan mudik di libur panjang lebaran tahun ini. Mungkin Anda sudah menerima info di grup WhatsApp yang Anda ikuti, atau mungkin Anda sudah membaca di internet, di jalur tol baru yang mulai dioperasikan terpasang banyak spanduk dari simpatisan Joko Widodo alias Jokowi.

Tulisan di spanduk tersebut rata-rata mencantumkan kalimat yang berbunyi "Anda sedang melewati jalan tol Pak Jokowi". Inti dari tulisan yang terpasang di banyak spanduk tersebut adalah tahun ini pemudik bisa pulang kampung lebih nyaman berkat tol yang dibangun di masa pemerintahan Jokowi. Meski memang, masih banyak ruas yang belum benar-benar rampung.

Tentu saja fenomena ini langsung menimbulkan kontroversi. Para lawan politik Jokowi langsung mengeluarkan pernyataan yang menganulir tulisan dalam spanduk yang terpasang di jalur tol tersebut.

Terlepas dari kontroversi tersebut, harus diakui langkah pemerintah saat ini menggenjot pembangunan infrastruktur perlu diacungi jempol. Paling tidak, ini bisa menjadi langkah awal untuk kemudian menggenjot pertumbuhan ekonomi.

Beberapa waktu lalu, saya sempat ngobrol dengan salah seorang direktur di perusahaan konstruksi karya. Dia mengatakan, selama sekitar satu dekade lebih terakhir, sejak pemerintahan sebelum Jokowi, pembangunan infrastruktur di Indonesia sangat lambat.

Di periode tersebut, sejatinya banyak program pembangunan infrastruktur yang dicanangkan. Termasuk di antaranya pembangunan sejumlah ruas tol yang jadi bagian dari Trans Sumatera dan Trans Jawa.

Sayangnya, pembangunan di era sebelum pemerintahan Jokowi berjalan pelan. Baru di era pemerintahan saat ini pengerjaan proyek berjalan cepat, hingga akhirnya bisa tuntas, bahkan mulai digunakan.

Cuma, jangan sampai lupa tol ini bukan sekadar urusan mudik lebaran. Pembangunan infrastruktur ini bakal menjadi pembuktian pemerintah, strategi yang disusun selama ini untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi sudah tepat.

Ke depan, infrastruktur yang dibangun harus bisa memperlancar arus barang dan arus ekonomi, seperti yang ditargetkan di awal. Hal ini masih harus dibuktikan usai lebaran.•

Harris Hadinata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×